Flash news!
Beranda arrow Apa & Bagaimana KPI

Apakah KPI ?

(Klub Perpustakaan Indonesia)


KPI adalah sebuah lembaga sosial kemasyarakatan bersifat mandiri yang merupakan himpunan dari berbagai jenis perpustakaan dan perorangan yang mempunyai minat, perhatian dan kepedulian kepada perkembangan perpustakaan. Mereka terkumpul dalam sebuah wadah kerjasama dan kebersamaan yang bersifat sukarela dan kekeluargaan yang bernama Klub Perpustakaan Indonesia.

Apa tujuan KPI ?

Tujuan utamanya adalah,
1. membimbing dan membantu anggota untuk meningkatkan mutu pelayanan pada perpustakaan masing-masing.
2. mendorong anggotanya untuk secara perorangan maupun bersama-sama mewujudkan masyarakat belajar melalui pemasyarakatan gemar baca-tulis serta peman-faatan perpustakaan dan buku.
3. membina dan membantu anggota untuk mencapai tujuannya.

Kapan KPI Dibentuk ?
Dibentuk pada tanggal 20 Oktober 1981
Diresmikan pada tanggal 4 Januari 1982.
Berubah status pada tanggal 1 Oktober 1994

Mengapa KPI Dibentuk ?
  Pada awal-awal tahun 1980, dunia perbukuan dan perpustakaan di Tanah Air masih memprihatinkan, khususnya perpustakaan sekolah dan buku untuk anak-anak dan siswa. Minat baca masih rendah dan perpustakaan belum berkembang. Berawal dari keadaan tersebut pimpinan PN. Balai Pustaka, Pusat Pembinaan Perpustakaan Dep­dikbud, Direktorat Sekolah Swasta Depdikbud dan Musyawarah Perguruan Swasta (MPS) menjalin kesepakatan yang dituangkan dalam Piagam Kerjasama, dan ditandatangani pada tanggal 15 Juli 1981.
    Sebagai tindak lanjut dari Piagam Kerjasama tersebut, salah satu hasilnya adalah dibentuknya Klub Perpustakaan Indonesia (KPI) pada tanggal 20 Oktober 1981.
    Dalam Rapat Kerja KPI yang pertama pada tanggal 4 Januari 1982, Mendikbud merestui berdirinya KPI, sekaligus beliau berkenan menjadi Ketua Dewan Penyantun, dengan anggota, Dirjen Dikdas­men, Dirjen Kebudayaan, Ketua Umum MPS, dan Ketua PB. Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI).
    Pada tanggal 10 Januari, AD & ART disahkan, dengan susunan kepengurusan yang telah lengkap, mulai dari Dewan Penyantun, Dewan Pembina, Pengurus Pusat sampai Komisariat-komisariat di 27 propinsi.

Apa yang dimaksud KPI sebagai Lembaga Layanan Jasa Perpustakaan, Perbukuan dan Pengembangan minat baca-tulis
Maksudnya ;
KPI menyediakan, menyiapkan, menyelenggarakan dan melaksanakan semua kebutuhan yang berkaitan dengan perpustakaan, perbukuan dan minat baca-tulis, baik dalam bentuk jasa maupun materi.

Layanan jasa apa saja yang disediakan KPI ?
Banyak, antara lain
a.    Jasa Konsultasi Perpustakaan
b.    Jasa Pembenahan Perpustakaan
c.    Jasa Pencarian Informasi
d.     Jasa Pelatihan, Penyuluhan & Bimbingan
e.    Jasa Pengadaan dan Pengolahan buku-buku perpustakaan
f.    Jasa pembangunan perpustakaan
g.    Jasa penyelenggaraan Seminar, Lokakarya, dsb.
h.    Jasa nara sumber untuk perpustakaan, perbukuan dan minat baca-tulis
i.    dan lain-lain, sesuai permintaan.

Adakah keuntungan menjadi Anggota KPI?
Banyak, di antaranya,
-    dapat berkonsultasi secara cuma-cuma tentang penyelenggaraan/pengelolaan/penataan perpustakaan, apapun jenis perpustakaannya.
-    menerima cuma-cuma majalah/Info KPI berisikan artikel dan informasi menarik tentang pengembangan minat baca, perpusta­kaan dan perbukuan
-    mendapat prioritas dalam kegiatan-kegiatan di bidang perbukuan, minat baca dan perpustakaan
-    mendapat discount khusus atas semua kegiatan yang     diselenggarakan KPI.

Bagaimana Cara Menjadi Anggota KPI ?
Mudah sekali. Cukup dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar iuran tahunan (dapat ditanyakan ke Sekretariat KPI melalui alamat sebagai berikut
Telp.    :     (021) 72794739 atau (021) 98173480
Fax.    :     (021) 72794739
E-mail  :     
                 
Website  :   http://www.kpi.or.id

Bagaimana status KPI kini ?
Dengan berjalannya waktu, KPI harus mandiri dan tidak targantung dengan fihak manapun (Self Determination)
Pada tanggal 1 Oktober 1994 KPI berubah status menjadi organisasi mandiri, yang mengemban misi ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui perpustakaan dan kampanye gemar baca-tulis.

Apa saja kegiatan KPI ?
Banyak sekali, antara lain:
a.    di bidang pemanfaatan buku,
     1.    membantu para anggota untuk memperoleh buku yang telah dilengkapi dengan perlengkapan buku (book devices), agar buku segera dimanfaatkan oleh Pembaca. Ini untuk membantu tenaga perpustakaan yang kebanyakan belum mampu memproses buku untuk perpustakaan
      2.    menerbitkan media cetak tentang perpustakaan dan minat baca, yang dapat dipakai sebagai alat seleksi buku, meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan dan memotivasi minat baca siswa, guru dan masyarakat pada umumnya
      3.    membantu melakukan seleksi buku untuk perpustaakaan yang memerlukan
     4.    menyusun bibliografi beranotasi untuk buku anak-anak, buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan dan buku jenis lainnya.
      5.    melakukan gerakan pengumpulan buku dan bahan pustaka lainnya untuk diserahkan ke Perpustakaan-Perpustakaan
      6.    menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penulisan dan penerbitan buku.

b.    di bidang penyaluran bahan pustaka dan perlengkapan perpustakaan
    1.    membantu pendistribusian buku kepada perpustakaan-perpustakaan yang memerlukan khususnya anggota
    2.    menyalurkan berbagai perlengkapan perpustakaan yang diperlukan khususnya anggota

c.    di bidang minat baca-tulis
    1.  aktif menyelenggarakan Seminar, Lokakarya, Simposium dan Diskusi Panel bersifat nasional, regional dan lokal di bidang minat baca
     2.   aktif melakukan kampanye gemar membaca (reading campaign) melalui berbagai macam kegiatan lomba :
             2.1.    Lomba Nasional Gemar Baca-Tulis
           2.2.    Lomba Nasional Sinopsis beranotasi untuk siswa SD dan SLTP yang secara rutin telah dilakukan dalam rangka peringatan Hardiknas
             2.3.    Lomba Mendongeng oleh guru TK
           2.4.    Lomba Penulisan Novel/Fiksi untuk remaja yang bertemakan perpustakaan dan dunia buku.
    3.    menjadi organizer dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan buku-perpustakaan dan minat baca tulis
    4.    menyediakan dan menerima pesanan perlengkapan buku, dan perlengkapan pelayanan peminjaman di perpustakaan
    5.    menerima pesanan perlengkapan perpustakaan (library equipment & library furniture).

d.    sebagai penyelenggara berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan
    1.    melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada para anggota yang berkaitan dengan perpustakaan
     2.     menyelenggarakan pelatihan dan praktek kerja untuk perpustakaan
    3.    membantu mendirikan perpustakaan khususnya mem    berikan konsultasi di bidang manajemen dan koleksi
    4.    menyediakan dan menerima pesanan perlengkapan buku, dan perlengkapan pelayanan peminjaman di perpustakaan
    5.    menerima pesanan perlengkapan perpustakaan (library     equipment & library furniture)

Siapa saja yang menjadi anggota KPI ?
1.    Semua jenis perpustakaan di Indonesia, semua jenis Pusat Informasi, Pusat Dokumentasi, Pusat Pembelajaran dan Penelitian, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Taman Bacaan Masyarakat dan Perpustakaan Tempat Ibadah.
2. Siapa saja yang berminat, mempunyai kepedulian dan perhatian kepada perpustakaan, senang membaca dan menghargai serta mencintai buku.
Usia, jenis kelamin dan pendidikan tidak dibatasi tetapi perlu sehat rohani.

Sudahkah Perpustakaan Anda menjadi Anggota KPI atau Anda terta­rik dengan Kegiatan KPI ?
Hubungi,
Sekretariat
Jl. Bendi Utama No. 3 Tanah Kusir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Jam Kerja : Senin sd Jum’at
Pukul 08.30 – 16.00 WIB
Telepon: (021) 72794739 atau (021) 9817-3480
E-mail:
Website: http://www.kpi.or.id