Flash news!
Beranda arrow Berita Perpustakaan & Buku arrow Resensi Buku - Layanan Perpustakaan
Resensi Buku - Layanan Perpustakaan Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 10 April 2015
Image
Buku Layanan Perpustakaan - Purwani Istiana

Judul Buku    : Layanan Perpustakaan
Penulis        : Purwani Istiana
Impresum    : Yogyakarta, Ombak, 2014
Kolasi        : xii, 93 hlm.; 21 cm.
ISBN        : 978-602-258-232-8

Perubahan generasi pemustaka saat ini dalam akses informasi di perpustakaan perlu disikapi dengan bijak oleh pustakawan. Beberapa ide pokok dari penulis mengenai pengembangan yang perlu disikapi di unit layanan teknis perpustakaan dibahas dalam buku ini.

Selain itu, juga disampaikan mengenai apa saja yang ada dalam layanan perpustakaan dan aspek lainnya yang terkait dalam layanan. Pembahasannya komprehensif karena dijelaskan baik dari sisi perspektif pengelola maupun pemustaka.
Perpustakaan merupakan wujud nyata dalam upaya pentransformasian nilai-nilai luhur informasi melalui bahan pustaka kepada generasi berikutnya. Perpustakaan memiliki peran strategis untuk menciptakan iklim yang kondusif untuk mendorong dan menstimulasi masyarakat agar tumbuh daya tariknya ke perpustakaan.

Secara umum layanan perpustakaan terbagi menjadi layanan teknis dan layanan pemustaka. Layanan teknis berarti back office yang mempersiapkan segala bentuk materi yang akan disajikan untuk pemustaka, misalnya: pengadaan, pengolahan, preservasi konservasi. Sementara itu, layanan pemustaka berarti front office yang artinya layanan tersebut langsung berhadapan dengan yang dilayani yaitu pemustakanya, misalnya: sirkulasi, referensi, dan lain sebagainya.

Layanan perpustakaan  merupakan penyediaan sumber informasi secara tepat  kepada pemustaka sesuai kebutuhannya. Agar koleksi dapat dimanfaatkan dan diberdayakan secara optimal oleh pemustaka, maka perlu dilakukan kegiatan pendidikan pemakai.
Ada hal yang menarik dalam buku ini yaitu ada bahasan mengenai pendidikan pemakai pada jenis layanan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan (hlm. 36). Apa manfaat, metode, dan tingkatan dari pendidikan pemakai juga disampaikan secara jelas.

Buku ini terdiri dari 5 (lima) bab dan intinya membidik 3 (tiga) aspek utama dalam layanan perpustakaan, yaitu: jenis layanan perpustakaan, profesionalisme dalam layanan perpustakaan, dan evaluasi kualitas layanan perpustakaan.

Mengenai konsep layanan perpustakaan, seperti: definisi, tugas, tujuan, unsur, hakikat dan asas, maupun sistem dikupas tuntas dalam Bab I buku ini. Sementara itu, 12 jenis layanan perpustakaan juga dijelaskan dalam Bab II. Seiring dengan perkembangan TIK, maka dalam Bab III juga dibahas mengenai pengembangan layanan teknis perpustakaan berbasis TIK. Pada Bab IV dibahas dari sisi peran dan kiprah pustakawannya, yaitu mengenai profesionalisme pustakawan dalam layanan perpustakaan. Bagaimanapun ukuran keberhasilan dalam layanan adalah kepuasan pemustaka, sehingga pustakawan memegang peranan yang sangat penting.

Benar-benar syarat makna dan inspiratif buku dengan tebal 93 halaman ini, karena menyoroti hal yang menjadi ujung tombak di perpustakaan, yaitu pada bagian layanan perpustakaan.

Apapun jenis layanan yang ada di perpustakaan, perlu dilakukan evaluasi mengenai kualitas layanannya. Hal ini dimaksudkan agar pustakawan dan pihak manajemen perpustakaan mengetahui kekurangannya, sehingga bisa dilakukan perbaikan agar menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, penulis buku ini pada Bab V juga memberikan konsep tentang metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan. Cakupan bahasannya meliputi pengertian, tujuan, dan metode evaluasi.

Menarik juga karena penulis juga merujuk berbagai penelitian terdahulu yang terkait metode untuk mengevalusi kualitas layanan perpustakaan, misalnya: Importance Performance Analysis (IPA), Servqual, maupun LibQual+TM. Bahkan hasil penelitiannya sendiri tentang “Usability Situs Web Perpustakaan UGM” juga disampaikan hasilnya dalam buku ini (hlm. 67).

Bahasa yang digunakan dalam buku ini populer sehingga mudah dipahami oleh siapa saja yang membaca. Secara fisik nampak jenis kertas yang digunakan membuat bukunya terasa ringan jika dibawa. Buku juga dikemas sederhana namun elegan, sehingga dengan harga Rp. 35.000, dapat dijangkau oleh seluruh kalangan.

Secara umum buku ini sangat cocok untuk para pustakawan, pengelola perpustakaan, dan siapa saja yang ingin memahami lebih jauh tentang layanan perpustakaan.

Resensi buku ini disusun oleh :
Endang Fatmawati (Pustakawan FEB UNDIP)
Last Updated ( Friday, 10 April 2015 )