Flash news!
Beranda arrow Editorial arrow Editorial Januari-Februari
Pengawas Sekolah

Pendidikan adalah sebuah proses. Ini yang sering diabaikan oleh pimpinan sekolah dan pimpinan pendidikan. Karena mengejar kelulusan dan nilai tinggi demi untuk meningkatkan prestasi, banyak sekolah yang dalam proses belajar mengajar hanya tertuju pada hasil akhir ujian nasional yang diselenggarakan hanya satu tahun sekali. Padahal justru dalam proses belajar mengajar lah yang merupakan kunci penentu mutu sebuah sekolah.

Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik setiap sekolah harus ada pengawasnya. Permasalahan saat ini banyak pendidik yang menganggap jabatan pengawas semacam tanda terima kasih bagi mereka yang mendekati usia pensiun. Banyak pengawas sekolah yang bekerja setengah hati dan jauh dari profesional, bahkan ada yang sesungguhnya tidak mempunyai kompetensi untuk melakukan pengawasan. Akibatnya banyak dari para pengawas yang kurang mengerti apa sesungguhnya yang jadi tugasnya sebagai pengawas sekolah. Bukan hanya mengawasi dan melakukan pemeriksaan terhadap semua proses yang terjadi di sekolah, tetapi seorang pengawas sekolah seharusnya mengerti dan memahami cara mengajar guru di sekolah, cara pustakawan sekolah memberdayakan perpustakaan dan terlibat dalam proses belajar mengajar. Saat ini kelihatannya fungsi pengawasan untuk sekolah belum optimal, karena mutu pengawasnya yang rendah, terutama pengawas untuk sekolah dasar, dimana seharusnya pengawas dipilih dari mereka yang menguasai ilmu pendidikan dasar. Sekolah dasar merupakan pondasi bagi pembentukan kualitas pendidikan selanjutnya.

Di dalam percakapan sehari-hari dengan beberapa orang pendidik yang kebetulan punya sekolah sendiri, mereka mengatakan bahwa pendidikan di negeri kita “hopeless” terutama pendidikan di sekolah dasar. Banyak guru yang tidak menerapkan psikologi pendidikan anak, dan hanya semata-mata mengajar untuk menjadikan seorang anak burung beo, alias pintar menghafal tanpa mengetahui gunanya dan mengerti yang dihafal.

Oleh karena itu keberadaan pengawas sekolah yang mumpuni, profesional dan berdedikasi adalah keharusan, terutama bagi sekolah dasar, tempat tunas-tunas bangsa baru menapaki pendidikan formal. AS